5 Manfaat SEO untuk Bisnis

Manfaat SEO untuk Bisnis

Manfaat SEO - Jika Anda adalah perusahaan pemasaran atau merek, Anda mungkin tahu bahwa pemasaran barang yang Anda jual di internet membutuhkan SEO lebih dari sekali atau dua kali. 

Tapi apa manfaat SEO untuk bisnis?

Sebelum mengetahui manfaat SEO untuk bisnis, perlu kita ketahui apa sebenarnya SEO dalam pemasaran. Sebagai permulaan SEO singkatan dari optimasi mesin pencari dan itu adalah proses meningkatkan situs web dengan meningkatkan peringkat artikel atau konten dalam hasil pencarian ketika seseorang mencari kata atau frase tertentu.

Mungkin Anda masih tidak mengerti mengapa ini penting. Pikirkan kapan Anda membutuhkan peralatan yang Anda butuhkan atau resep makanan apa yang ingin Anda masak. Tentunya Anda akan memakai ponsel Anda dan mencari kata-kata seperti 'resep ayam bakar' atau 'ponsel terbaru 2019'. Ini adalah alasan utama mengapa SEO penting dalam pemasaran online.

Baca Juga : Pengertian SEO dan Cara Kerjanya

Hasil ini akan muncul pada hal-hal yang menurut Google akan menjadi informasi penting dan berguna bagi Anda berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Dalam banyak kasus, situs yang biasanya Anda lihat di halaman pertama mesin pencari bukanlah suatu kebetulan. Mereka melakukan SEO untuk membantu Google memahami konten yang mereka buat.

SEO dapat membantu perusahaan bisnis untuk meningkatkan peringkat Anda dalam hasil mesin pencari. Ini memiliki potensi untuk membuat dampak besar pada tujuan paling penting bagi perusahaan seperti meningkatkan penjualan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas betapa pentingnya peran SEO dalam pemasaran bisnis dan lima manfaat utama yang ditawarkan.

1. SEO berupaya untuk menargetkan lalu lintas situs berkualitas

Salah satu manfaat SEO untuk bisnis yang dapat dirasakan adalah bahwa ini adalah salah satu strategi pemasaran. Ini tidak seperti bagaimana iklan tradisional menjangkau lebih banyak orang untuk membeli barang-barang Anda. Jadi teknik ini lebih mudah dan sederhana karena pelanggan yang akan menemukan Anda nanti ketika mereka menginginkan informasi.

Sederhananya, cara tradisional membuat perusahaan harus menyebarkan informasi, tetapi dengan SEO, perusahaan hanya akan menjadi magnet yang menarik orang untuk mengunjungi mereka.

Metode tradisional ini seperti email spam, iklan yang mengganggu acara televisi, dan panggilan telepon. Metode ini mendapat opini buruk di mata masyarakat.

Dibandingkan harus mengganggu kenyamanan komunitas, Anda harus menyiapkan konten yang menarik yang dapat menarik mereka untuk datang. Ini tentu jauh lebih nyaman bagi konsumen dan perusahaan Anda akan dikenal sebagai pembuatan konten yang baik.

Bahkan, dalam laporan terbaru dari State of Inbound HubSpot. Sekitar 59% pemasar mengatakan bahwa praktik metode SEO memberikan prospek berkualitas tinggi untuk penjualan mereka.

Menurut Anda, mana yang lebih mudah untuk menerima upaya pemasaran perusahaan Anda? Apakah orang melihat iklan di papan iklan jalanan atau mereka yang menemukan konten atau situs Anda sendiri di media online?

Jawabannya mudah. Ketika Anda berfokus pada sekelompok orang yang secara aktif mencari informasi di media online, Anda akan merasa lebih mudah untuk menjangkau mereka sebagai audiens target Anda. Selain itu, ini juga memberi Anda kesempatan untuk menjangkau calon pembeli atau pembaca yang telah mempertimbangkan untuk membeli atau membaca apa yang Anda tawarkan.

2. Anda tidak perlu membayar untuk beriklan di SEO

Peringkat organik Google didasarkan pada apa yang ditentukan oleh algoritma yang merupakan hasil terbaik dari apa yang diberikan. Ini berarti bahwa setelah Anda membuat halaman yang dianggap cocok oleh mesin pencari untuk mengarahkan penggunanya, itu dapat membuat situs Anda mendapatkan lalu lintas ke situs Anda berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda mempublikasikannya.

Menulis dan membuat konten yang bagus memang membutuhkan waktu dan investasi. Investasi adalah dalam bentuk waktu, Anda dapat membuat orang lain membuat konten untuk Anda atau Anda membuatnya sendiri.

Setelah investasi awal ini, lalu lintas akan berlanjut dan menarik orang untuk terus melihat situs Anda. Anda juga perlu memperbarui halaman setiap bulan. Tergantung pada tema dan topik apa yang Anda inginkan. Anda juga perlu menambah dan menambah topik jika pesaing Anda menargetkan kata kunci yang sama.

Ketika saatnya tiba, tempat berharga Anda dalam hasil pencarian tidak akan dikenakan biaya. Ini adalah perbedaan utama dari iklan PPC yang melibatkan pembiayaan setiap kali pengguna mengklik dan mengunjungi halaman.

Dengan SEO, Anda memiliki potensi untuk menghindari membayar biaya per klik $ 2,32 dan mendapatkan lalu lintas ke situs tanpa biaya tambahan.

3. SEO akan mendapatkan banyak klik dibandingkan PPC

Meskipun iklan PPC muncul di atas peringkat Google. Sekitar 71,33% pencarian menghasilkan klik pada artikel yang muncul di halaman pertama. Sulit untuk mengetahui mengapa ini terjadi. Meskipun kesimpulan logis yang dapat diambil adalah bahwa pengguna mempercayai algoritma Google. Mereka tahu di mana pengiklan membayar dan mereka memilih untuk melakukan SEO. Namun, ini hanya dugaan saja. Tetapi terlepas dari alasan di balik sebagian besar klik yang diperoleh ketika perusahaan melakukan SEO.

4. SEO dapat membantu Page Rank 

Meskipun SEO dan PR adalah teknik pemasaran yang berbeda, Anda dapat menggunakannya bersama untuk memaksimalkan hasilnya.

Hubungan terbesar antara keduanya adalah menciptakan tautan. Mendapatkan tautan dari situs web terkemuka adalah komponen utama dari strategi SEO. Ini berarti bahwa salah satu kekuatan utama seorang spesialis SEO adalah untuk mengidentifikasi peluang penempatan atau cakupan di blog, siaran pers dan situs industri yang relevan.

Strategi hubungan masyarakat juga bertujuan untuk memastikan bahwa publikasi dan influencer terkemuka berbicara tentang bisnis Anda, yang merupakan peluang besar. Ketika Anda menggunakan pencarian untuk membuat tautan dan menemukan cara baru untuk menemukan merek Anda di halaman konsumen, Anda akan jauh lebih efisien dalam mendistribusikan konten ke pelanggan potensial.

5. Anda akan bergerak maju

Keuntungan terakhir dari SEO untuk perusahaan adalah strategi pemasaran baru. Sekitar 61% pemasar akan mengatakan bahwa meningkatkan SEO dan kehadiran online situs mereka adalah prioritas utama. Ini berarti bahwa pesaing Anda mungkin telah mengambil langkah-langkah untuk menonjol dalam hasil pencarian. Dengan strategi SEO ini, Anda dapat mengikuti perkembangan terkini dan kompetitif di industri Anda.

SEO vs SEM

Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang meningkatkan visibilitas perusahaan Anda dalam riset online, Anda mungkin mendengar istilah lain untuk proses yang disebut SEM. Meskipun beberapa pemasar menggunakannya secara bergantian dengan SEO, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya.

SEM adalah singkatan dari "Search Engine Marketing" atau "Search Engine Marketing". Inilah yang Anda lakukan untuk mendapatkan investasi di halaman pertama mesin pencari. Membayar untuk SEO dan PPC. Jadi, bahkan jika SEO adalah bentuk SEM, itu bukan satu-satunya taktik yang terlibat dalam SEM.

Apa pekerjaan spesialis SEO?


Beberapa tugas SEO dasar dapat dilakukan di rumah menggunakan sumber daya online. Untuk mengoptimalkan hasil Anda, cara terbaik adalah menyewa spesialis SEO atau menggunakan layanan dari agen SEO. Namun pada kenyataannya, apa yang ditawarkan oleh mereka yang tidak bisa Anda lakukan?

Tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan visibilitas klien mereka dalam hasil pencarian untuk pertanyaan yang berkaitan dengan sektor aktivitas, produk, dan layanan mereka. Namun, untuk mencapai tujuan ini, spesialis SEO harus mengambil beberapa langkah penting, yaitu:

  • Evaluasi lokasi
  • Optimasi dan pengujian berkelanjutan
  • Analisis dan pelaporan

Ada 3 Mitos tentang SEO. Jika Anda belajar SEO, Anda harus tahu beberapa Mitos umum.

Mitos Pertama : optimasi kata kunci (Keyword)

Gagasan mengoptimalkan kata kunci adalah sesuatu dari masa lalu. Sejak diluncurkannya Hummingbird pada tahun 2013, Google semakin penting untuk niat pengguna berdasarkan kata kunci yang digunakan. Ini berarti bahwa untuk saat ini, Anda tidak perlu fokus pada banyak kata tertentu.

Mitos Ke Dua : optimisasi situs cepat dan mudah

Jika Anda menemukan seseorang yang menjanjikan hasil SEO dalam beberapa minggu, segera pergi. Banyak dari kita berharap itu akan terjadi, tetapi ternyata tidak. Biasanya, seorang spesialis SEO membutuhkan lima hingga enam bulan untuk menampilkan hasilnya.

Mitos Ke Tiga: Anda harus fokus pada kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi

Banyak pemilik situs yang baru mengenal SEO membuat kesalahan dengan memfokuskan upaya mereka pada kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Untuk beberapa situs, ini bukan tujuan yang realistis. Jauh lebih efisien untuk fokus pada kata kunci yang lebih panjang dan kurang kompetitif.

Itulah beberapa manfaat SEO yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Jangan lupa share ke teman maupun lewat tombol share di bawah ini.

Dikutip : mazfauzirizal
Referensi : https://www.crazyegg.com/blog/seo/benefits/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel